"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah,dan janganlah kamu bercerai-berai,dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kau dahulu (masa jahiliyah) bermusuha-musuhan,maka Allah akan mempersatukan hatimu,lalu menjadilah kamu karena nikmat allah orang-orang yang bersaudara,dan kamu telah berada di tepi jurang neraka,lalu allah menyelamatkan kamu dari padanya.demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu,agar kamu mendapat petunjuk" (Qs.3:103)

Jumat, April 10, 2009

Membangun Jatidiri Keimanan (1)

dzatiyah (jati diri) merupakan sifata yang dominan pada generasi al qur'an yang unik. oleh karena itu, mereka punya peran besar melesat dengan kepahlawanan pada saat mereka mengenal kebenaran. (Qs. Azzumar:9)
kiat membutuhkan dzatiyah imaniyah

Rasulullah saw bersabda-"barang siapa diantara kamu yang mampu menyembunyikan amal sholih maka lakukanlah"(Hadits Sholih)

sesungguhnya dakwah membutuhkan orang2 yang memiliki dzatiyah imaniyah, (Qs.Yaasin:20),Qs. Al Mu'min:28.

manusia harus mempersiapkan bekal kehidupan yang sebenarnya. bekal adalah kebaikan, kebajikan dan taqwa.

izzah adalah sebuah kemuliaan, kekuatan mungkin yang dikenal sekarang adalah gengsi kali ya.. syngguh "izzah" yang dimiliki oleh manusia bersumber dari Allah swt yang diberikan untuk makhluknya yang sesuai dengan pendekatan pada Rabbnya, "semakin dekat dengan nilai2 Allah semakin kuat memiliki izzah". betul enggak seeh...??? (Qs.63:8)
akan tetapi kebanyakan dalam kehidupan saat ini manusia mengenal izzah atau mencari ke-izzah-an itu berbagai macam cara. ada yang dari kejar2an kesarjanaan, kedudukan, bahkan kekayaan. na'udzubillah... mereka sepeti itu mungkin terkenanya ghozwul fikr, atau dunia barat sudah masuk, jadi mereka melihat sangat silau sehingga mereka berfikir. kenapa gue enggak dapatkan semua itu??..ckckck aneh2 juga ya..
penyakit ini hampir mejangkit pada sebagian besar umat Islam di dunia. mungkin sebab utama dari semua itu bisa lupa Allah "Na'udzubillah" maka akhirnya mereka jadi lupa diri sendiri dan lupa visi misi sesungguhnya manusia hidup didunia. (Qs.59:19)
  • izzah sebagai manusia

Allah menciptakan manusia sebagai yang paling mulia diantara makhluk yang lain bahkan malaikat sekalipun (Qs.17:70). dalam kehebatan manusia, maka Allah telah memberikan amanah padanya dimana makhluk lain tidak sanggup memikulnya (Qs.33:27)

  • izzah sebagai pribadi muslim
    "sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahl kitab dan musyrikin (akan masuk) ke neraka jahanam, mereka kekal didalamnya. mereka itu seburuk-buruknya makhluk. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh mereka adalah sebaik-baiknya makhluk" (Qs.98:6-7)
  • izzah sebagai umat Islam
    "kamu adalah umat yang terbaik yang dikeluarkan untuk manusia yang menyuruh pada yang baik dan mencegah pada yang buruk dan kamu beriman pada" (Qs.3:110)

kekuatan yang harus dipersiapkan oleh umat islam adalah:

  1. kekuatan ukhuwah
  2. kekuatan wasilah (sarana)

to be continue....

Tidak ada komentar: